Kantong Kolostomi

Kantong kolostomi adalah wadah atau kantong untuk menampung feses atau kotoran BAB bagi pasien yang telah menjalani operasi pembuatan stoma. Stoma adalah semacam lubang yang dibuat di kolon atau usus besar dan dikeluarkan melalui dinding perut. Feses keluar melalui saluran usus yang akan ditampung  di sebuah kantung yang diletakkan pada dinding perut menggunakan perekat.

Tidak seperti anus, stoma tidak memiliki katup atau otot sehingga pengeluaran kotoran BAB tidak dapat dikontrol. Jadi diperlukan semacam kantong untuk menampung sementara guna menghindari kotoran BAB keluar tanpa disadari.



Kantong untuk menampung kotoran BAB sementara ini disebut dengan kantong kolostomy atau dikenal juga dengan nama Colostomy Bag. Kantong kolostomi direkatkan menggunakan perekat khusus supaya tetap menempel pada dinding kulit perut.

Penggunaan kantong kolostomi

Seseorang dapat menggunakan kantong kolostomi secara sementara atau secara permanen.

1. Penggunaan kantong kolostomi untuk sementara waktu

Penggunaan secara sementara atau permanen tergantung pada penyebab atau alasan dibuatnya stoma tersebut. Ada pasien yang perlu dibuatkan stoma dengan alasan proses pengobatan pada gangguan di area anus dan sekitarnya. Jika proses pengobatan sudah selesai dan pasien dinyatakan sembuh maka bisa jadi stoma tersebut ditutup kembali dan pasien akan dapat BAB secara normal kembali melalui anus.

2. Penggunaan kantong kolostomi secara permanen

Penggunaan kantong kolostomi secara permanen artinya terus menerus sampai sisa umurnya bisa terjadi apabila penyababnya adalah permanen, misalnya terkena kanker di area anus yang mengakibatkan pengangkatan total yang menyebabkan anus tidak dapat berfungsi sama sekali

Sebenarnya seseorang yang menggunakan kantong kolostomi dapat hidup normal, beraktivitas normal dan bekerja seperti biasa, bahkan tetap dapat berenang. Permasalahan yang sering muncul adalah perkara estetika, malu atau stigma negatif bahwa ini adalah penyakit kotor.

Jenis colostomi

Kolostomi terdiri dari 2 jenis yaitu drainable dan non drainable :
1. Kolostomi drainable
2. Kolostomi non drainable

kantong kolostomi



Terima kasih untuk Like/comment FB :