Perawatan Colostomy

Colostomy atau kolostomi adalah prosedur perawatan medis dengan cara pembedahan yaitu usus ditarik atau dikeluarkan melalui lubang pada perut. Tujuan pembedahan untuk membuat lubang pada usus besar kemudian ditempelkan pada permukaan perut. Daerah perut dimana lubang untuk menempatkan lubang usus besar disebut stoma. Dalam kondisi normal feses atau kotoran BAB dikeluarkan melalui anus, sedangkan dalam kondisi ini dikeluarkan melalui stoma tersebut. Sedangkan ostomy adalah pembukaan organ internal ke permukaan luar tubuh. Tulisan ini akan membahas tentang perawatan colostomy.



Perawatan colostomy

Berikut ini langkah-langkah perawatan colostomy yang sebaiknya dilakukan sebagaimana yang terdapat pada laman ehow.com :
  1. Bersihkan atau buang kotoran yang ada dalam kantong kolostomi beberapa kali sehari. Sebaiknya tidak menunggu kantong penuh untuk mencegah bocor atau rembes.
  2. Ganti colostomy bag setiap 4-6 hari sekali dengan melepaskan secara hati-hati supaya kulit tidak terluka lalu.
  3. Bersihkan kulit di sekitar stoma dan selalu jaga agar tetap kering. Kulit di sekitar stoma tempat colostomy terpasang harus selalu kering dan bersih.
  4. Gunakan antibiotik powder di sekitar stoma untuk mencegah iritasi dan infeksi.
  5. Pasang colostomy bag baru secara hati-hati dan apabila dibutuhkan gunakan pasta colostomy.
  6. Gunakan colostomy yang sesuai dengan kebutuhan anda misalnya untuk anak atau bayi gunakan yang sesuai dengan ukurannya..

Jual colostomy bag

Kami menjual colostomy bag berbagai merk seperti Dansac, Alcare, Hollister dan sebagainya, jika anda berdomisili di Kota Bandung dan sekitarnya bisa datang langsung ke alamat berikut ini :

TokoAlkes®

Jl. Pasir kaliki no. 239 B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung

Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522 
SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
BBM : 29EAB6F3

Kami juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia menggunakan ekspedisi JNE, TIKI, POS dan lainnya. Ongkos kirim cukup murah, misalnya ke jakarta dan sekitarnya menggunakan JNE reguler sekitar 10 ribu per kg. Silahkan kunjungi toko online kami : www.tokoalkes.com

perawatan colostomy




Terima kasih untuk Like/comment FB :