Colostomy Bag Alcare

Colostomy bag alcare merupakan salah satu merk dari kantong kolostomi. Colostomy bag alcare ini menjadi salah satu kantong kolostomi yang banyak digunakan dan dicari oleh masyarakat. Kantong kolostomi ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Umumnya kantong kolostomi ini meruapakan kantong kolostomi yang bersifat reusable atau dapat digunakan kembali. Maksimal kantong kolostomi ini dapat digunakan kembali dalam kurun waktu maksimal satu minggu. Setelah satu minggu kantong kolostomi ini digunakan maka dapat diganti dengan kantong kolostomi yang baru.



Colostomy Bag Alcare
kolostomi bag alcare


Colostomy bag alcare memiliki warna yang bening sehingga kita dapat dengan mudah mengamati feses yang tertampung di dalam kantong kolostomi tersebut. Selain itu, kantong kolostomi ini juga terdapat drainable yaitu suatu lubang yang dapat digunakan untuk membuang gas dan feses yang tertampung di dalam kantong kolostomi.

Ukuran Colostomy Bag Alcare 

Ukuran diameter dari colostomy bag alcare berkisar antara 20 mm sampai dengan 60 mm. Ukuran dari diameter kolostomi bag ini dapat disesuaikan dengan ukuran stoma yang dimiliki oleh pasien. Colostomy bag alcare di jual dengan harga yang cukup terjangkau. Untuk satu pcsnya, colostomy bag alcare ini dijual dengan harga Rp 32.500,-. Dalam satu box kantong kolostomi ini terdiri dari 30 pcs kantong kolostomi. tentunya bila kita membeli se box kantong kolostomi ini akan terasa lebih murah dibandingkan dengan membelinya secara satuan. Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis dan dapat berubah sewaktu waktu. 

Pada umumnya untuk kantong kolostomi ini dibedakan menjadi beberapa jenis kantong kolostomi. ada kantong kolostomi yang dibedakan berdasarkan jumlah kepingnya, ada yang dibedakan berdasarkan warnanya, dan lain sebagainya. Jenis-jenis dari kantong kolostomi tersebut perlu kita ketahui sebagai upaya untuk memilih kantong kolostomi yang sesuai dengan kondisi pasien kolostomi. Pemilihan kantong kolostomi yang sesuai biasanya di dasarkan pada lama pasien post operasi, warna kantong kolostomi dan lain sebagainya. pada pasien kolostomi yang telah di operasi pada hari ke 0 sampai dengan 3 atau 5 hari, sangat di sarankan untuk menggunakan kantong kolostomi yang berwarna bening atau bersifat transparan. Hal ini memiliki tujuan agar feses yang tertampung dalam kantong kolostomi dpaat dengan mudah di observasi. Biasanya pasien pada hari ke 0 sampai dengan hari ke 5 masih berada di rumash sakit dan menjalankan perawatan post iperasi kolostomi. sedangkan pada pasien kolostomi yang sudah diperbolehkan pulang dan melakukan rawat jalan, dianjurkan untuk menggunakan kantong kolostomi yang berwarna buram. Kantong kolostomi yang berwarna buram ini membuat feses yang tertampung di dalam kantong kolostomi tidak terlihat. Hal ini juga yang membuat pasien kolostomi menjadi percaya diri. Kemudian pada pasien yang memiliki ostomate dengan stoma kolon, bila pasien tersebut ingin melakukan aktifitas renang, maka dianjurkan untuk menggunakan kantong kolostomi yang kecil atau mini dengan closed pouch.

Pada pasien dengan kolostomi yang menggunakan kantong kolostomi, perlu melakukan perawatan kolostomi untuk menghindari berbagai komplikasi yang mungkin timbul dari kolostomi ini. Komplikasi kolostomi yang dapat timbul diantarnaya ialah penyumbatan atau obstruksi, infeksi, retraksi stoma, prolaps stoma, stenosis dan perdarahan stoma. obstruksi atau penyumbatan dapat saja terjadi jika terdapat perlengketan pada usus atau terdapat pengerasan feses sehingga sulit untuk dikeluarkan. Maka dari itu untuk menghindari terjadinya penyumbatan pasien harus melakukan irigasi kolostomi dengan teratur. Irigari kolostomi ini juga sangat penting untuk dilakukan oleh pasien dengan kolostomi permanen. Pasien dengan kolostomi permanen ini perlu di ajarkan tentang cara melakukan irigasi kolostomi agar dapat melakukan sendiri di kamar mandi.

Catatan : Harga diatas benar pada saat artikel ini ditulis namun dapat berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan. Harga terbaru silahkan hubungi Telp / SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05 BBM : 2AB98F9C atau kunjungi www.tokoalkes.com.







Oleh : Bidan Rina

Sumber :

  • Buku Ilmu Keperawatan Medikal Bedah 
  • tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :